Belajar Membuat Objek 2D dengan Aplikasi Visual Studio 2008
Hallo teman-teman selamat datang di blog saya pada kesempatan kali ini saya akan men-share ke kalian bagaimana cara atau langkah-langkah membuat objek rumah 2D dengan aplikasi microsoft Visual Studio 2010.
Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menyimpan file glut.h caranya yaitu dengan menyimpan file tersebut di C/ProgramFile86/microsoftvisualstudio/VC/include/GL,setelah itu kalian simpan juga glut.32 di C/windows/sistem32 atau siswow64, dan yang terakhir kalian simpan glut.lib di C/ProgramFile86/microsoftvisualstudio/VC/LIB.
Setelah semuanya dilakukan mari kita masuk ke aplikasi Visual Studio 2010 nya.
Gambar 1.0
Ini adalah tampilan awal dari Microsoft Visual Studio 2010,lalu kita buat project baru caranya yaitu klik file,NewProject seperti tertera pada gambar 1.1
Gambar 1.1
Maka nanti akan muncul tampilan seperti gambar 1.2
Gambar1.2
Pilih Win32 Console Aplication seperti yang saya beri kotak warna merah di atas.Setelah itu kalian beri nama project kalian dan tentukan lokasi penyimpanannnya.
Gambar 1.3
Disini kalian tinggal mengklik next saja.
Gambar1.4
Kalian pilih console aplication dan centang empty project seperti yang saya tandai di gambar 1.4.
Setelah itu akan muncul tampilan seperti di gambar 1.5
Gambar 1.5
Disini kalian klik kanan pada source files kamudian add dan pilih New Item.
Gambar 1.6
Kalian pilih c++ file seperti gambar di atas lalu isi nama dan lokasi penyimpanannya sesuai keinginan kalian.
Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah
Gambar 1.7
Lalu ketik lah sintak di bawah ini untuk membuat objek rumahnya
#include<stdlib.h>
#include<GL/glut.h>
#include<math.h>
void CetakTitik(int x,int y){
glPointSize(4);//ukuran titik
glBegin(GL_POINTS);
glVertex2i (x,y);
glEnd ();
}
void Segitiga(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3){
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2i(x1,y1);
glVertex2i(x2,y2);
glVertex2i(x3,y3);
glEnd();
}
void SegiEmpat(int x1,int y1,int x2,int y2,int x3,int y3,int x4,int y4){
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex2i(x1,y1);
glVertex2i(x2,y2);
glVertex2i(x3,y3);
glVertex2i(x4,y4);
glEnd();
}
const double PI = 3.141592653587793;
int i;
void lingkaran (int jari2, int jumlah_titik, int x_tengah, int y_tengah){
glBegin(GL_POLYGON);
for (i=0;i<=360;i++){
float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
float x=x_tengah+jari2*cos(sudut);
float y=y_tengah+jari2*sin(sudut);
glVertex2f(x,y);
}
glEnd();
}
void userdraw (){
glColor3f(1,0,0);
Segitiga(200,200,500,200,350,350);
glColor3f(0,0,0);
SegiEmpat(400,250,450,250,450,330,400,330);
glColor3f(0,1,0);
SegiEmpat(250,200,250,100,450,100,450,200);
glColor3f(0,0,1);
SegiEmpat(270,100,270,170,310,170,310,100);
glColor3f(1,1,1);
SegiEmpat(380,150,380,190,420,190,420,150);
glColor3f(0,0,0);
SegiEmpat(150,50,150,100,160,100,160,50);
glColor3f(1,0,1);
SegiEmpat(140,100,140,130,170,130,170,100);
glColor3f(1,1,0);
lingkaran (40,100,300,400);
glColor3f(0,0,0);
SegiEmpat(250,100,450,100,500,50,200,50);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(240,90,240,150,250,150,250,90);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(220,70,220,130,230,130,230,70);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(200,50,200,120,210,120,210,50);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(355,50,355,120,365,120,365,50);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(310,50,310,120,320,120,320,50);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(395,50,395,120,405,120,405,50);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(435,50,435,120,445,120,445,50);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(480,50,480,120,490,120,490,50);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(450,90,450,150,460,150,460,90);
glColor3f(1,0,0);
SegiEmpat(465,70,465,130,475,130,475,70);
}
void display(void){
//clear screen
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
userdraw();//jalankan userdraw()
glutSwapBuffers();
}
int main(int argc, char**argv){
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DOUBLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition(100,100);//posisi windownya di(100,100)
glutInitWindowSize(640,480);//set ukuran window jadi 640x480
glutCreateWindow("Belajar OpenGL");//set judul app
glClearColor(0,1,1,0);//set warna background(r,g,b,a)(range 0-1)
gluOrtho2D(0.,640.,0.,480.);
glutIdleFunc(display);
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
Setelah selesai maka hasilnya akan seperti ini
Sekian langkah atau cara-cara membuat objek rumah 2D semoga bermanfaat untuk kalian semua.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH









Komentar
Posting Komentar